RSS

Tanjungpriok akan Jadi Pelabuhan Internasional

22 Jan

Tanjungpriok akan Jadi Pelabuhan Internasional

Headline

INILAH.COM, Jakarta – Pemerintah tengah menyiapkan Pelabuhan Tanjungpriok untuk bisa menjadi pelabuhan berskala internasional melalui pola integrasi yang hanya ada custom, imigrasi dan karantina.

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan nantinya di pelabuhan Tanjungpriok ini tidak akan ada lagi instansi lain selain yang telah ditentukan sehingga lebih steril.

“Maka kepada Dirut Pelindo agar bisa melakukan penataan pada custom, imigration dan karantina. Karena untuk meningkatkan daya saing tidak ada lagi pilihan kita memodernisasi pelabuhan-pelabuhan kita di tanah air,” ujarnya dalam kunjungan kerja ke Pelabuhan Tanjungpriok, Senin (21/1/2013).

Ia menuturkan beberapa upaya yang dilakukan untuk menurunkan dwelling time di Tanjungpriok. Dari hasil survei dwelling time atau waktu penumpukan peti kemas di Tanjungpriok selama 2011-2012 masih berkisar 4,7 hari-6,7 hari.

“Setelah ini akan kita terapkan sistem pintu otomatis (auto gate system) di JICT, mengoperasikan tempat pemeriksaan fisik tertentu, dan penerapan i-Care System,” terangnya.

Dwelling time adalah ukuran waktu yang dibutuhkan container impor, sejak container dibongkar dari kapal sampai dengan keluar dari kawasan pelabuhan.

“Pada akhirnya ini untuk mempersiapkan target integrasi logistik ASEAN tahun 2013, integrasi pasar ASEAN 2015, dan integrasi pasar global 2020,” tuturnya. [hid]

Sumber : http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1949662/tanjungpriok-akan-jadi-pelabuhan-internasional#.UP4DQfLvtKs

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 22, 2013 in Headline Media

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: