RSS

LOGISTIK: Butuh Rp117 triliun untuk revitalisasi pelabuhan, INSA rayu ADB

19 Nov

LOGISTIK: Butuh Rp117 triliun untuk revitalisasi pelabuhan, INSA rayu ADB

Compact_pelabuhan

JAKARTA: Indonesian National Shipowners’ Association meminta agar dana bantuan Asian Development Bank (ADB) dan lembaga donor lainnya dikucurkan untuk percepatan modernisasi pelabuhan strategis di Indonesia guna mempercepat daya saing logistik nasional.

Adapun pelabuhan yang perlu perbaikan dan pengembangan dan menjadi prioritas dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) terdapat 29 pelabuhan dan dibutuhkan dana US$13 miliar atau sekitar Rp117 triliun.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan kunci penurunan biaya logistik pada sektor angkutan laut ada di pelabuhan.

“Selama ini, buruknya fasilitas pelabuhan kontainer dan general cargo seperti lapangan penumpukan, dermaga dan alat bongkar muat yang terbatas, akses in out pelabuhan hingga masalah buruh dan penaikan tarif menjadi sumber utama mahalnya biaya logistik,” kata Carmelita, Minggu (18/11/2012).



Oleh karena itu, katanya, INSA mengharapkan agar sebagian dana bantuan dari ADB atau bantuan lembaga donor lainnya dapat digelontorkan untuk memperbaiki pelabuhan dan mendukung peremajaan armada pelayaran di Indonesia.



”Kalau pelabuhan meningkat daya saingnya karena infrastruktur diperbaiki, angkutan laut juga ikut terdorong karena peremajaan armada tergantung ketersediaan infrastruktur pendukungnya,” katanya.



Dia mengungkapkan anggota INSA siap berinvestasi menambah kapal-kapalnya dengan ukuran yang lebih besar berdasarkan ketersediaan infrastruktur dan muatan. Bahkan pelayaran banyak yang ingin meremajakan kapalnya, tetapi memilih menunggu hingga pelabuhan di Indonesia benar-benar diperbaiki.



Carmelita mengakui saat ini tidak kurang sekitar 60% dari 11.300 unit kapal niaga nasional sudah masuk usia untuk diremajakan.

“Tetapi kami menahan rencana peremajaan itu karena menunggu modernisasi pelabuhan dilakukan supaya kapal yang didatangkan bisa bermanfaat secara optimal.”

Sumber : http://www.bisnis.com/articles/logistik-butuh-rp117-triliun-untuk-revitalisasi-pelabuhan-insa-rayu-adb

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 19, 2012 in Headline Media

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: