RSS

DISKRIMINASI REGULASI: Kemenhub kaji ulang kebijakan logistik kapal Ro-ro

09 Nov

DISKRIMINASI REGULASI: Kemenhub kaji ulang kebijakan logistik kapal Ro-ro

Compact_petikemas JAKARTA: Kementerian Perhubungan akan mengkaji memberi perlakuan yang sama antara kapal Ro-ro dengan kapal kontainer.

Namun hingga kini, masih tetap mengawasi persaingan antara kedua jenis moda transportasi laut ini.

“Selama pelaku usaha kapal roll on roll off (Ro-ro) dan kapal kontainer masih bertindak sesuai regulasi, kami belum ambil tindakan untuk mengatur lebih jauh,” kata Plt Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Leon Muhammad kepada Bisnis, Kamis (8/11/2012) siang.

Dia menambahkan memang kapal Ro-ro mendapat subsidi bahan bakar karena mengangkut penumpang dan kendaraan yang dikendarai oleh pengendara.

Sebagian kapal Ro-ro dipakai dilintasan penyeberangan yang di bawah naungan Ditjen Perhubungan Darat dan sebagian melayani pelayaran laut untuk mengangkut orang dan kendaraan yang dikemudikan orang.

“Barang yang diangkut kapal Ro-ro itu merupakan barang yang ada di dalam truk yang diangkut kapal. Kapal ini memang fungsinya mengangkut orang dan barang yang dibawa orang dalam kendaraannya,” tutur Leon.

Menurutnya, regulator akan melihat lagi bagaimana kondisi persaingan usaha antara kapal Ro-ro dengan kapal kontainer ataupun general kargo.

“Kapal kontainer itu sebenarnya lebih fleksibel mengangkut barang dalam jumlah banyak, dan memang tidak menggunakan bahan bakar bersubsidi,” tuturnya.

Leon menambahkan jika nanti diperjalanan ternyata persaingan usaha antara kapal Ro-ro dan kapal kontainer semakin tidak sehat akibat biaya mahal yang disumbang perbedaan bahan bakar, kedepannya akan ditindaklanjuti.

“Namun untuk mengatur ulang rute kapal Ro-ro sepertinya tidak, karena rute itu yang menentukan adalah pelaku usahanya, mereka yang tahu kebutuhan rute yang mana yang dinilai menguntungkan,” tuturnya.

 

Sumber : http://www.bisnis.com/articles/diskriminasi-regulasi-kemenhub-kaji-ulang-kebijakan-logistik-kapal-ro-ro

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 9, 2012 in Headline Media

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: