RSS

KAPAL RO-RO: INSA Desak Pengoperasian Ditata Ulang

05 Nov

KAPAL RO-RO: INSA Desak Pengoperasian Ditata Ulang

Compact_kapal_ro-roJAKARTA: Asosiasi Perusahaan Pelayaran Niaga Indonesia/Indonesian Shipowners Association (INSA) mendesak pemerintah menata ulang trayek/rute pengoperasian  kapal jenis roll on-roll off (Ro-Ro)  karena i disinyalir lebih dominan mengangkut kargo umum ketimbang penumpang.
Sekteratis INSA DKI Jakarta Achyar Abdul Mutolib mengatakan  kapal jenis ro-ro pengangkut kargo  sudah menjangkau hampir di semua pelabuhan umum di Indonesia, sehingga kondisi ini berakibat rontoknya bisnis angkutan kapal kontainer domestik (antarpulau).
Menurutnya, dengan maraknya pengoperasian kapal ro-ro  juga mengakibatkan fasilitas dermaga umum maupun alat bongkar muat kontainer di pelabuhan tidak berfungsi optimal.
“Hal ini tentunya juga menggerus pendapatan operator pelabuhan umum, sebab kapal ro-ro tidak sandar di dermaga umum melainkan di dermaga kapal penumpang,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (3/11).
INSA DKI,  lanjutnya, telah menerima sejumlah keluhan anggotanya dari operator kapal kontainer domestik yang melayani angkutan antar pulau dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok  karena volume muatan terus anjlok hingga lebih 35% sejak maraknya pengoperasian kapal jenis ro-ro yang ternyata kini lebih dominan mengangkut kargo umum.
“Secara bisnis hal ini juga sudah tidak sehat, sebab kapal ro-ro jenis itu di berikan subsidi BBM, dan tarif handlingnya sangat murah yakni hanya sekitar 20% dari tarif handling muatan kapal kontainer domestik. Ini kan tidak adil,”paparnya.
Dia menambahkan untuk tarif handling di sejumlah pelabuhan terhadap muatan kapal angkutan kontainer domestik saat ini rata-rata Rp.500.000 s/d 700.000/peti kemas 20 kaki sudah termasuk PPn.
Adapun  tarif handling muatan di kapal ro-ro  dihitung berdasarkan unit sebab muatan di angkut di atas kendaraan jenis  truk dengan ukuran sedang dan besar.

 

“Kapal ro-ro itu dapat subsidi BBM, indikatornya apa mereka dapat subsidi ? Selain itu INSA juga telah mempertanyakan ke Pelindo kenapa tarif handlingnya lebih murah,” paparnya.

 
 
Sumber :http://www.bisnis.com/articles/kapal-ro-ro-insa-desak-pengoperasian-ditata-ulang
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 5, 2012 in Headline Media

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: