RSS

NAMARIN nilai Cilamaya bisa dorong kompetisi jasa kepelabuhanan

19 Jun

NAMARIN nilai Cilamaya bisa dorong kompetisi jasa kepelabuhanan

Oleh Akhmad Mabrori

Rabu, 06 Juni 2012 | 00:06 WIB

Large_dsc_0125

JAKARTA: Komitmen pemerintah cq Kementerian Perhubungan untuk membangun  Pelabuhan Cilamaya Karawang Jawa Barat, sebagai  pelabuhan alternatif selain Pelabuhan Tanjung Priok dinilai cukup tepat.

Direktur National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi, mengatakan selama ini Pelabuhan Tanjung Priok tidak ada kompetitor (pesaing) sehingga pelayanan pelabuhan di Jakarta itu belum terpacu untuk lebih baik.

“Kehadiran Pelabuhan Cilamaya akan menjadi kompetitor yang sehat dalam pelaanan jasa kepelabuhanan di Indonesia, ini tentunya sangat baik bagi kepentingan ekonomi nasional,”ujarnya kepada Bisnis, Selasa (5/6).

Dia mengatakan, hinterland atau daerah industri pendukung Pelabuhan Tanjung Priok lebih dari 70% berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya.”Ini tentunya akan ada pilihan alternatif para pelaku industri dan pemilik barang dalam kegiatan pengapalannya,”tuturnya.

Dia berharap Pelindo II yang telah ditunjuk melalui Inpres untuk membangun proyek terminal Kalibaru Tanjung Priok, tidak berkecil hati meskipun pemerintah akan memulai tender pembangunan Cilamaya pada awal 2013.”Pelindo II jangan cengeng apalagi mengancam hengkang dari Kalibaru,”sergahnya.

Namarin menilai pengelolaan pelabuhan di Indonesia sudah seharusnya ada kompetisi, sehingga pelayanan jasa kepelabuhan tidak hanya di monopoli oleh Pelindo.”Cilamaya ini kan digagas untuk  perlunya kompetitor di jasa kepelabuhanan.Pelindo II selama ini hampir tiada kompetitor Kalau dia mau keluar dari Kalibaru keluar saja, jangan lalu mengancam. Cilamaya persoalan lainkan.” sergahnya.

Dia mengatakan, jika di proyek Kalibaru tidak ada APBN sedangkan di Cilamaya ada APBN hal ini karena  Pemerintah sudah hampir tidsk memiliki dana untuk infrastruktur, karena itu diperkenalkan konsep public private partnership.(faa)

 

Sumber : http://www.bisnis.com/articles/namarin-nilai-cilamaya-bisa-dorong-kompetisi-jasa-kepelabuhanan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 19, 2012 in Headline Media

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: