RSS

Keluar, Izin Pengembangan Terminal Pelabuhan Priok

18 Jun

Jumat, 15 Juni 2012

JAKARTA (Suara Karya): Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan surat izin pembangunan terminal Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, di wilayah Kalibaru Utara.Proyek ini merupakan pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok yang mengalami kelebihan kapasitas. PT Pelindo II selaku operator proyek yang ditugaskan melalui Perpres Nomor 36 Tahun 2012 diberikan waktu satu tahun untuk segera melaksanakan pembangunan sejak izin dikeluarkan.Penerbitan izin pembangunan terminal peti kemas di Kalibaru Utara ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Leo Muhammad, Kamis (14/6). Kepastian penerbitan izin ini diakui Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok-Jakarta Sahat Simatupang.Menurut dia, kegiatan pembangunan Kalibaru Utara sudah bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Izin pembangunan di Kalibaru Utara diterbitkan sesuai dengan permohonan OP Tanjung Priok kepada Ditjen Perh ubungan Laut Kemenhub dan selanjutnya diteruskan ke PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, operator yang ditugaskan pemerintah.”Memang izin pembangunan/pengembangan pelabuhan di Kalibaru Utara ini diberikan kepada Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, namun pelaksanaannya nanti bermitra dengan Pelindo II yang ditugaskan pemerintah,” ucap Sahat.Pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok di Kalibaru Utara memang mendesak. Kapasitas pelayanan untuk 6 juta TEUs (twenty equivalent units) peti kemas di Tanjung Priok sudah terlampui pada pertengahan 2012 ini.Kepadatan

Untuk itu, pengembangan terminal di Kalibaru Utara ini diharapkan dapat mengatasi kepadatan lalu lintas arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok. Jika dibiarkan, maka berpotensi menimbulkan stagnasi (kongesti) dan berdampak pada perekonomian nasional.”Penugasan kepada Pelindo II meliputi pembangunan fasilitas pokok dan fasilitas penunjang. Lingkup pembangunan dan pengoperasian terminal Kalibaru Utara ini sesuai yang ditetapkan Menteri Perhubungan,” kata Sekretaris Kabinet Dipo Alam belum lama ini.Menurut Dipo, dalam pelaksanaan penugasan untuk pembangunan terminal Kalibaru Utara, Pelindo dapat bermitra dengan badan usaha lainnya dan disesuaikan dengan kaidah bisnis yang baik. Pelindo II juga diwajibkan untuk mencari sumber dana pembangunan dan pengoperasian terminal Kalibaru Utara.”Dananya tidak dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Melainkan harus diusahakan sendiri oleh Pelindo II,” tuturnya.Selain itu, Pelindo II diwajibkan menyusun rencana pembangunan dan pengoperasian terminal Kalibaru Utara yang meliputi dokumen teknis, dokumen finansial, dan dokumen hukum. Semua harus disampaikan Menteri Perhubungan sebulan sejak Perpres Nomor 36 Tahun 2012 diterbitkan.”Pelindo II secara bertahap akan menyelesaikan pembangunan dan mulai mengoperasikan terminal Kalibaru Utara Pelabuhan Tanjung Priok pada 2014. Itu adalah bunyi pasal dari Perpres Nomor 36 Tahun 2012,” ujar Dipo.Di sisi lain, menurut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga memerintahkan Menteri Perhubungan EE Mangindaan berkoordinasi dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa untuk mengevaluasi kinerja Pelindo II dalam menjalankan amanat Perpres Nomor 36 Tahun 2012 ini.Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan ditugaskan untuk melakukan pembinaan dan pengawasaan terhadap penyelenggaraan bisnis korporasi oleh Pelindo II.Di tempat terpisah, Direktur Utama Pelindo II RJ Lino mengungkapkan, nilai proyek terminal Kalibaru Utara mencapai Rp 21 triliun. Karena selain ada reklamasi laut seluas 300 hektare, juga akan ada pembangunan dermaga sepanjang 7.500 meter dengan kedalaman air laut 20 meter, termasuk didukung areal untuk logistik.
Berdasarkan informasi, dalam waktu dekat ini akan dibahas masalah konsesi pengelolaan pelabuhan oleh OP Tanjung Priok dan PT Pelindo II selaku pihak yang ditugaskan pemerintah. Dalam hal ini juga akan diperhitungkan realisasi investasi untuk pembangunan terminal peti kemas dan fasilitas lainnya. (Syamsuri S)
Sumber:http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=305471
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 18, 2012 in Headline Media

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: